Rekomendasi tempat yang wajib dikunjungi untuk trip 2 hari 1 malam di kota Berlin

Beberapa tahun yang lalu tepatnya di tahun 2016 (waduh gak kerasa udah 4 tahun lamanya ya..) Saya yang sedang berkuliah di Milan, Italy berniat untuk mengunjungi teman semasa SMA yang tinggal di Berlin. Ini dipicu karena saya dengar teman saya baru putus cinta jadi saya bermaksud datang menghibur hehe.. 

Dengan budget yang sangat minim karena situasinya saya belum bekerja dan kehidupan saya di Milan bisa dibilang pengiritan tingkat dewa ditambah sedikit mukjizat bisa sekolah di Eropa, saya nekat ke Berlin dengan bermodalkan sumbangan orang tua untuk tiket budget airlines bernama Ryan Air (pada saat itu bisa dapet harga tiket pp Milan-Berlin sekitar 600rb) dan juga sisa tabungan sekitar 500rb rupiah aja! 

Catatan: Walaupun ortu atau suami bisa kasih lebihpun dari dulu selalu aja gak tega dan malu buat minta uang hahaha..

Ya beginilah saya, urat khawatirnya saat itu tidak ada, yang penting bisa berkunjung dan selamat balik lagi ke Milan. Btw, ini bukan pengalaman pertama saya ke Berlin, tahun 2012 juga pernah ‘budget’ euro trip sama mama, Mario (ini pas masih pacaran) dan kakak adik. Jadi pede nya makin besar untuk pergi lagi kesana.

Bersyukur perjalanan 2 hari 1 malam di Berlin berjalan dengan lancar. Kunjungan ke teman juga sukses dan selama 2 hari bisa explore Berlin dengan seru. Dan inilah rekomendasi tempat-tempat yang wajib kamu kunjungi untuk 2 hari 1 malam di kota Berlin;

  1. Brandenburg Gate

Bekas gerbang kota yang menjadi monumen sekaligus landmark dan ikon paling terkenal dari negara Jerman. Rasanya gak mungkin lah ya ke Berlin tanpa berkunjung ke Brandenburg Gate. Disini sangat ramai turis dan sering kali banyak seniman jalanannya.

2. Reichstag Building

Gedung tempat persidangan parlemen Kekaisaran Jerman yang sampai sekarang masih berfungsi sama. Namun bagian dome rooftop-nya dibuka untuk pengunjung. Disana kita bisa melihat dan mendengar dengan audio sejarah mengenai gedung ini hingga pembangunannya kembali yang lengkap dengan penjelasan mengenai seni, arsitektur futuristik dan eco building. 

Desain dome gedung ini kerennnn! Jangan lupa untuk melakukan booking online untuk daftar sebagai visitor melalui website resminya. Karena mereka membatasi jumlah pengunjung per harinya.

3. East Side Gallery

Merupakan sisa-sisa tembok Berlin sepanjang 1km yang pernah menjadi bagian sejarah bagi negara Jerman, diisi dengan grafiti yang menarik. Beberapa diantaranya menampilkan gambar yang mengandung sindiran terhadap sistem pemerintahan.

4. Memorial to the Murdered Jews of Europe

Tempat ini adalah Memorial untuk Orang-orang Yahudi yang Terbunuh di Eropa, atau dikenal sebagai Memorial Holokaus. Disini bawaannya agak miris membayangkan kejadian tragis masa lalu yang pernah terjadi di Jerman. Tapi desain monumennya keren banget walaupun bentuknya simple seperti ratusan box yang berbeda-beda tingginya.

5. Deutsches Technikmuseum

Museum Teknik Jerman yang merupakan museum teknik terluas di dunia. Di dalamnya memamerkan berbagai macam teknologi dari berbagai masa sekaligus penjabaran tentang hubungan bersejarah antara teknologi dengan kebudayaan manusia.

Tempat ini satu-satunya yang saya masuki berbayar. Karena saya terhitung pelajar eropa dengan kartu identitas resmi jadi harga masuknya tidak terlalu mahal, sekitar 4euro saja. Dan ini museum yang sangat sangat sangat worthy untuk dikunjungi! Banyak sekali yang bisa dilihat dan dipelajari. Disana saya menghabiskan 4jam dan rasanya masih bisa lebih kalau punya banyak waktu.

6. Dan tempat lainnya 

Sambil berkeliling jalan kaki saya bisa berkunjung berfoto sebentar di depan beberapa gedung landmark terkenal seperti Berlin Cathedral dan Museum Island.

Berjalan-jalan di Berlin sangat mudah karena akses dengan bus dan keretanya cukup baik. Tetapi saya sangat menyarankan untuk siapkan kekuatan kaki kalian untuk berjalan kaki. Alasan utamanya karena beberapa tempat sangat berdekatan dan dengan berjalan kita bisa lebih menikmati suasana kota Berlin dan kegiatan orang lokalnya sambil mengicipi jajanan dan berfoto.

Demikian perjalanan 2 hari 1 malam di Berlin. Semoga dapat menginspirasi kalian! Salam Sejelajah.

Tinggalkan komentar